skripsi
PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 20 PANGKALPINANG
XMLPENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP KETERAMPILAN
MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 20
PANGKALPINANG
Oleh
Lidya Pramita
200141853
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan motivasi siswa
saat mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia, selain itu siswa kesulitan dalam
menuangkan ide/gagasan kedalam bentuk tulisan, dan hasil belajar teks eksplanasi
yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji media diorama apakah
berpengaruh atau tidak terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian True Experimental Two Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VB dan VC dengan jumlah 54 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang
menggunakan uji Independent Sample T-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media diorama berpengaruh
terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas V SD Negeri 20
Pangkalpinang. Dilihat dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu
0,029 dengan kriteria nilai Sig (2-tailed) < 0,005, maka dapat dikatakan bahwa
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
LIDYA PRAMITA - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : UNMUH BABEL., 2024 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2 LID p
|
Copyright | |
Doi |