Deprecated: Function get_magic_quotes_gpc() is deprecated in /www/wwwroot/perpustakaan-sistem/repository/sysconfig.inc.php on line 36
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X SMA PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X SMA

Detail Cantuman

skripsi

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X SMA

XML

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA
MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X
SMA
Oleh:
Anggun Nabira
200341026
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan rasa ingin tau
siswa. Tidak hanya itu, permasalahan pada materi SPLTV siswa sulit membuat
model matematika dan melakukan perhitungan pada aljabar. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan
pendekatan inkuiri terbimbing materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
(SPLTV) kelas X SMA yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan
model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1
Namang. Teknik dan pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara
guru dan siswa, tes, kuesioner (angket) ahli materi, media, bahasa serta angket
respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata validasi ahli materi 85,333%
kategori “sangat valid”. Validasi ahli media 89% kategori “sangat valid”. Validasi
ahli bahasa 88% kategori “sangat valid”. Uji coba one to one 93,333% kategori
“sangat praktis”. Uji coba kelompok kecil 86,666% kategori “sangat praktis”. Uji
coba field trial 84,05% kategori “sangat praktis”. Analisis efek potensial 0,564%
kategori “sedang”. Berdasarkan hasil penilaian validasi ahli dan uji coba
menunjukkan bahwa LKPD menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing
dinyatakan valid, praktis, dan memiliki efek potensial sehingga layak digunakan
sebagai bahan ajar materi SPLTV pada kelas X SMA Negeri 1 Namang.
Kata Kunci : LKPD, Inkuiri Terbimbing, SPLTV.


Detail Information

Item Type
Penulis
ANGGUN NABIRA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit PMTK : UNMUH BABEL.,
Edisi
Subyek
No Panggil
500 ANG p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail