skripsi
PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN SISWA IX SMP
XMLPENGEMBANGAN BUKU SAKU MATERI KESEBANGUNAN DAN
KEKONGRUENAN SISWA IX SMP
Oleh:
Delia Darmayanti
NIM: 200341038
ABSTRAK
Pengembangan bahan ajar buku saku kesebangunan dan kekongruenan
dilatarbelakangi kurangnya bahan ajar yang menarik di sekolah, serta menyatakan
bahwa buku paket tebal. Sehingga siswa sering lupa membawa buku dan
meninggalkan buku paket di laci sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan bahan ajar buku saku yang menarik, valid, praktis dan memiliki
efek potensial pada materi kesebangunan dan kekongruenan.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri
dari 5 tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation.
Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan data kualitatif.
Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
angket dan tes. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMP di
Pangkalpinang.
Penelitian ini menghasilkan bahan ajar Buku Saku yang “valid”, “sangat
praktis” dan memiliki “efek potensial”. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase
validasi ahli media sebesar 76%, validasi ahli materi sebesar 90,5% dan validasi
ahli bahasa sebesar 85%. Hasil presentase praktis bahan ajar Buku Saku dari hasil
respon siswa sebesar 90,5% dikategorikan „sangat praktis”. Pengembangan Buku
Saku dinyatakan efek potensial terhadap hasil belajar siswa yaitu 0,816 yang
dikategorikan “tinggi”.
Kata kunci: ADDIE, Kesebangunan dan Kekongruenan, Buku Saku
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
DELIA DARMAYANTI - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | PMTK : UNMUH BABEL., 2024 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
500 DEL p
|
Copyright | |
Doi |