skripsi
PENGARUH PENDEKATAN EKSPRESIF BERBANTU VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI 13 PANGKALPIANG
XML
PENGARUH PENDEKATAN EKSPRESIF BERBANTU VIDEO
TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PUISI SISWA
KELAS V SD NEGERI 13 PANGKALPINANG
Oleh
APRILIA MAYANG SARI
NIM 150141397
ABSTRAK
Permasalahan yang dihadapi siswa kelas V SD Negeri 13 Pangkalpinang
adalah kesulitan dalam membaca puisi dan memahami makna puisis sehingga
siswa sulit untuk melakukannya. Kesulitan tersebut karena guru masih
mendominasi dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan ekspresif berbantu
video terhadap hasil belajar materi puisi siswa kelas V SD Negeri 13
Pangkalpinang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pre-
Experimental design jenis One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 13 Pangkalpinang sebanyak
28 siswa sekaligus sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah dokumentasi,observasi, dan tes berbentuk uraian. Teknik analisis data
menggunakan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif pendekatan
ekspresif berbantu video terhadap hasil belajar materi puisi siswa kelas V SD
Negeri 13 Pangkalpinang. Hal ini dapat dibuktikan nilai posttest lebih tinggi
daripada nilai pretest. Hasil perhitungan nilai pretest diperoleh mean sebesar
61,43 sedangkan nilai posttest mengalami perubahan dengan perolehan mean
sebesar 82,00. Selain itu pengaruh tersebut juga dapat dibuktikan dengan uji
hipotesis dengan nilai thitung -14,789 >ttabel 1,703.
Kata kunci : Pendekatan Ekspresif, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
APRILIA MAYANG SARI - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : UNMUH BABEL., 2023 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2 APR p
|
Copyright | |
Doi |