skripsi
PENGARUH MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 13 MENDOBARAT
XML
PENGARUH MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 13
MENDOBARAT
Oleh:
Nopia Sari
190141612
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai IPA siswa kelas V di
SD Negeri 13 Mendobarat dan belum dimanfaatkan secara optimal teknologi
sebagai media pembelajaran di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh media Kahoot terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 13
Mendobarat.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
metode eksperimen desain Pre-Experimental Design (non-design) dengan bentuk
One Grup Pretest-Posstest. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampling
total. Sampel dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas V SD Negeri 13
Mendobarat. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes yang terdiri
dari 10 soal tes materi siklus air. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji
normalitas dan uji hipotesis yang menggunakan uji Paired Sampel T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil
tes materi siklus air pada kegiatan pretest dan posttest. Hal ini ditunjukkan pada
hasil perhitungan uji Paired Sampel T-Test dengan thitung = 9,9702 > ttabel = 2,0369
maka hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat
disimpulkan media Kahoot memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 13 Mendobarat.
Kata Kunci: Media Kahoot, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
NOPIA SARI - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : UNMUH BABEL., 2023 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2 NOP p
|
Copyright | |
Doi |