PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI AKU DAN CITA-CITAKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH TOBOALI

Detail Cantuman

skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI AKU DAN CITA-CITAKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH TOBOALI

XML

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY PADA
MATA PELAJARAN IPS MATERI AKU DAN CITA-CITAKU
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV
SD MUHAMMADIYAH TOBOALI
Oleh:
Indah Meilia
NIM 180141481
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tingkat keberhasilan dalam
pembelajaran IPS. Penyebab kurangnya tingkat keberhasilan dalam materi aku dan
cita-citaku dikarenakan penerapan variasi model pembelajaran yang kurang dalam
melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
pengaruh model pembelajaran role play pada mata pelajaran IPS materi aku dan
cita-citaku terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Toboali.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode
penelitian Quasi Experimental Design, dengan Nonequivalent Control Group
Design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan IV B SD
Muhammadiyah Toboali yang sampelnya dua Kelas. Kelas IV A sebagai kelas
kontrol berjumlah 25 siswa dan Kelas IV B sebagai kelompok eksperimen
berjumlah 25 siswa. Adapun instrumen pengumpulan data berupa butir soal uraian
yang terdiri dari 10 soal. Teknik analisis data dalampenelitianinimenggunakan uji
normalitas,ujihomogenitas, dan ujihipotesis dengan uji t-test sampel related (polled
varians).
Hasil penelitian menunjukkan hasil posttest lebih besar dari hasil pretest,
yaitu kelas eksperimen dengan nilai 84,80 dan kelas kontrol 66,00. Berdasarkan
hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 15,94 > 2,060 artinya Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
role play pada mata pelajaran IPS materi aku dan cita-citaku terhadap hasil belajar
siswa kelas IV SD Muhammadiyah Toboali.
Kata kunci: Model Pembelajaran Role Play, Hasil Belajar, IPS


Detail Information

Item Type
Penulis
INDAH MEILIA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Prodi PGSD : UNMUH BABEL.,
Edisi
Subyek
No Panggil
372.2 IND p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail