skripsi
EVALUASI PROGRAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 3 PANGKALPINANG
XML
EVALUASI PROGRAM PELAKSANAAN KURIKULUM
MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS DI
KELAS IV SD NEGERI 3 PANGKALPINANG
Oleh:
RADINA MUKHODDASYAH
NIM 190141745
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengevaluasian program kurikulum
pendidikan yang baru saja di terapkan di dunia pendidikan Indonesia, yakni
kurikulum merdeka belajar, yang mana mata pelajaran IPA dan IPS yang
sebelumnya terpisah, disatukan menjadi IPAS pada kurikulum merdeka di kelas
IV SD Negeri 3 Pangkalpinang
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan, observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Pengevaluasian menggunakan model CIPP. Teknik keabashan
data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dari evaluasi program penerapan kurikulum
merdeka pada mata pelajaran IPAS. Adapun hasil lapangan yang peneliti dapati
yakni, sekolah sudah menggunakan kurikulum merdeka mulai tahun ajaran
2022/2023, dengan kerja sama yang baik dan keterlibatan dari semua pihak yakni,
ibu kepala sekolah, ibu waka kurikulum, guru-guru yang berkompeten, orang tua
yang selalu mendukung kegiatan sekolah serta fasilitas sekolah yang
dikategorikan sudah cukup baik dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar,
sehingga kendala yang di rasakan hanya terkait kurangnya waktu pembelajaran
IPAS pada kurikulum merdeka
Kata Kunci : Kurikulum Merdeka Belajar, Evaluasi Program, IPAS
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
RADINA MUKHODDASYAH - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : UNMUH BABEL., 2023 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2 RAD e
|
Copyright | |
Doi |