IMPLEMENTASI MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA KELAS V SD NEGERI 9 SUNGAILIAT

Detail Cantuman

skripsi

IMPLEMENTASI MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA KELAS V SD NEGERI 9 SUNGAILIAT

XML

IMPLEMENTASI MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN
BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI
KERAGAMAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA KELAS V SD
NEGERI 9 SUNGAILIAT
Oleh:
Siti Dwi Arifah
160141196
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya indikasi kurangnya kemampuan
berpikir kritis siswa yang ditemukan pada saat observasi antara lain dalam proses
pembelajaran guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik, dan
saat proses pembelajaran berlangsung siswa kurang berpikir kritis karena tidak
fokus dan aktif saat menerima materi sehingga tidak merangsang berpikir kritis
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan penyelesaian
masalah salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis yang dapat membantu
siswa melihat persoalan dari berbagai sisi dengan bantuan fakta yang ada.
Kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran dapat dikembangkan melalui
media pembelajaran yang kreatif dan inovatif Siswa kelas V SD Negeri 9
Sungailiat menggunakan media Big Book sebagai sumber belajar IPS. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental
Design, dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian
ini menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas
V Sekolah Dasar Negeri 9 Sungailiat yang berjumlah 38 siswa.
Adapun Sampel penelitian ini terdiri dari kelompok kontrol dengan jumlah 19
orang siswa dan kelompok eksperimen dengan jumlah 19 orang siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes. Dari hasil analisis data menggunkan t-test
dengan taraf signitifikan 5% diperoleh thitung 3,318 > ttabel 2,028, sehingga dapat
disimpulkan bahwa Ha diterima dan Implementasi Media Big Book Berpengaruh
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPS Materi
Keberagaman Flora dan Fauna di Indonesia Kelas V SD Negeri 9 Sungailiat.
Kata kunci : Media Big Book, Berpikir Kritis, Flora dan Fauna.


Detail Information

Item Type
Penulis
SITI DWI ARIFAH - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Prodi PGSD : UNMUH BABEL.,
Edisi
Subyek
No Panggil
371.3 SIT i
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail