ANALISIS PENERAPAN BUDAYA LITERASI DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PANGKALPINANG

Detail Cantuman

skripsi

ANALISIS PENERAPAN BUDAYA LITERASI DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PANGKALPINANG

XML

ANALISIS PENERAPAN BUDAYA LITERASI DALAM
PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS V
SD MUHAMMADIYAH PANGKALPINANG
Oleh:
Nilam Pandini
NIM 190141611
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan mengenai penerapan
budaya literasi dalam pembentukan nilai karakter siswa SD Muhammadiyah
Pangkalpinang. Penerapan budaya literasi melalui adanya program gerakan literasi
sekolah yaitu pembiasaan budaya literasi membaca di sekolah dasar.Tujuan
penelitian ini untuk menjelaskan penerapan budaya literasi melalui gerakan
literasi sekolah dalam pembentukan nilai karakter siswa kelas V SD
Muhammadiyah Pangkalpinang.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model miles dan
huberman. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian dan verifikasi data,
kemudian dilakukan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu
triangulasi teknik, triangulasi waktu, dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukan penerapan budaya literasi melalui
gerakan literasi sekolah sudah berjalan dengan efektif dan diikuti seluruh siswa
SD Muhammadiyah Pangkalpinang. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan
melalui observasi, wawancara, serta penyebaran angket bahwa pembentukan
nilai - nilai karakter siswa yang didapatkan yaitu, nilai karakter religius, disiplin,
rasa ingin tahu, gemar membaca, dan peduli lingkungan. Pembiasaan budaya
literasi membaca, siswa membaca berbagai jenis buku yang dapat dibaca baik
fiksi, nonfiksi dan membaca al quran selama 15 menit di dalam kelas. Melalui
pembiasaan literasi membaca tentunya berdampak dengan baik terhadap
pembentukan nilai karakter siswa di kelas V. Terlihat siswa lebih religius saat
pembiasaan tadarus alquran, siswa lebih aktif bertanya saat pembelajaran di kelas,
siswa memanfaatkan waktu luang untuk membaca di sekitaran pojok baca.
Kata Kunci: Budaya Literasi, Pembentukan Nilai Karakter


Detail Information

Item Type
Penulis
NILAM PANDINI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Prodi PGSD : UNMUH BABEL.,
Edisi
Subyek
No Panggil
372.2 NIL a
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail