PENGARUH PENILAIAN FORMATIF BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI USAHA DI BIDANG JASA KELAS V MIN 1 PANGKALPINANG

Detail Cantuman

skripsi

PENGARUH PENILAIAN FORMATIF BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI USAHA DI BIDANG JASA KELAS V MIN 1 PANGKALPINANG

XML

PENGARUH PENILAIAN FORMATIF BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI USAHA DI BIDANG
JASA SISWA KELAS V MIN 1 PANGKALPINANG
Oleh:
Dini Novitasari
NIM 190141572
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi dalam penilaian
formatif, hal tersebut terlihat dari proses penilaian formatif siswa yang lebih
banyak menggunakan lembar soal. Untuk itu diperlukan alat penilaian formatif
yang berdampak pada hasil belajar siswa yaitu menggunakan apliksi quizizz.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penilaian
formatif berbasis aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa materi usaha di
bidang jasa siswa kelas V MIN 1 Pangkalpinang.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan metode Quasi experiment (eksperimen semu), dengan desain
penelitian nonequivalent control grup design. Teknik yang digunakan yaitu
purposive sampling yang berarti pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan
atau tujuan tertentu. Sampel yang digunakan dikelas V dengan membagi kelas
kontrol 20 siswa dan kelas eksperimen 20 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji sample independent T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari uji hipotesis yang
menggunakan uji independent sample T-Test nmenunjukkan bahwa hipotesis yang
diperoleh dari nilai ????ℎ???????????????????? sebesar sebesar 3,998 dan ???????????????????????? sebesar 2,024 , maka
????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? yaitu 3,998 > 2,024 dan terdapat sig (2-Tailed) sebesar 0,000 <
0,05, maka Ha diterima, sehingga dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa
adanya Pengaruh Penilaian Formatif Berbasis Aplikasi Quizizz Tehadap Hasil
Belajar Siswa Materi Usaha Di Bidang Jasa.
Kata Kunci: Penilaian Formatif, Aplikasi Quizizz, Hasil Belajar, Materi
Usaha Di Bidang Jasa.


Detail Information

Item Type
Penulis
DINI NOVITASARI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Prodi PGSD : UNMUH BABEL.,
Edisi
Subyek
No Panggil
372.2 DIN n
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail