ttabel maka Ha diterima artinya terdapat dampak terhadap hasil siswa sebelum dan sesudah dalam penggunaan media video pembelajaran. Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Vlognow, Daur Hidup Hewan" /> PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI VLOGNOW PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN 10 KELAPA ttabel maka Ha diterima artinya terdapat dampak terhadap hasil siswa sebelum dan sesudah dalam penggunaan media video pembelajaran. Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Vlognow, Daur Hidup Hewan" />

Detail Cantuman

skripsi

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI VLOGNOW PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN 10 KELAPA

XML

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS
APLIKASI VLOGNOW PADA MATA PELAJARAN IPA
MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK SISWA
KELAS IV SDN 10 KELAPA
Oleh:
ZekaTiffani
NIM 190141552
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa cenderung tidak fokus dan sibuk
dengan kegiatan masing-masing sehingga siswa kurang memahami materi daur
hidup hewan. Hal ini disebabkan guru hanya menggunakan metode ceramah
dalam menyampaikan materi pembelajaran dan guru kurang memanfaatkan media
(proyektor) yang telah tersedia di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan produk berupa media video pembelajaran berbasis aplikasi
Vlognow yang layak dan praktis untuk siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 10
Kelapa yang dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and
Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba skala kecil pada penelitian ini
berjumlah 6 siswa sedangkan uji coba skala besar berjumlah 18 siswa. Teknik
pengumpulan data yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis validasi angket ahli, analisis respon siswa dan analisis angket praktisi
guru.
Hasil validasi dari ahli media yaitu 78% dinyatakan "Layak" serta ahli
materi yaitu 98% dinyatakan "Sangat Layak". Hasil uji coba skala kecil
memperoleh skor rata-rata 91,3% dengan dikategorikan "Sangat Praktis"
sedangkan uji coba skala besar memperoleh skor rata-rata 90% dikategorikan
"Sangat Praktis". Serta untuk uji praktisi guru menunjukkan hasil kepraktisan
media adalah sebesar 98% "Sangat Praktis". Hasil analisis data thitung = 4,296 dan
ttabel = 2,103 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima artinya terdapat dampak
terhadap hasil siswa sebelum dan sesudah dalam penggunaan media video
pembelajaran.
Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Vlognow, Daur Hidup Hewan


Detail Information

Item Type
Penulis
ZEKA TIFFANI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Prodi PGSD : UNMUH BABEL.,
Edisi
Subyek
No Panggil
372.2 ZEK p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail