PENGARUH MODEL PARADIGMA PEDAGOGIK PADA PEMBELAJARAN PKN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI DI SD NEGERI 27 PANGKALPINANG

Detail Cantuman

skripsi

PENGARUH MODEL PARADIGMA PEDAGOGIK PADA PEMBELAJARAN PKN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI DI SD NEGERI 27 PANGKALPINANG

XML

PENGARUH MODEL PARADIGMA PEDAGOGIK REFLEKTIF PADA
PEMBELAJARAN PKN TERHADAP SIKAP KEDISIPLINAN
SISWA KELAS V SD NEGERI 27 PANGKALPINANG
OLEH:
ZAINATUL HAMIDAH
NIM 160141142
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model paradigma
pedagogik reflektif terhadap sikap kedisipinan siswa. Penelitian ini akan
menggunakan jenis penelitian kuantitatif. teknik pengumpulan data menggunakan
angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji linier sederhana, uji
t dan uji koefisien diterminasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi variabel Model
Paradigma Pedagogik Reflektif (PPR) yaitu sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.
Dengan demikian menunjukkan bahwa Model Paradigma Pedagogik Reflektif
(PPR) memiliki pengaruh positif terhadap sikap kedisiplinan siswa. Berdasarkan
hasil uji koefisien diterminasi bahwa nilai R- Squared 0.419 (41.9 %). Dngan
demikian mengandung arti bahwa variabel X (Model Paradigma Pedagogik
Reflektif (PPR)) memberikan pengaruh kepada variabel Y (Sikap Kedisiplinan
Siswa) sebesar 41.9 % sisanya 58.1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dimasukan dalam model. Kesimpulan bahwa model paradigma pedagogi
mempunyai pengaruh positif terhadap sikap kedisiplinan Siswa. Hal ini
dibuktikan dengan hasil uji t dengan perolehan nilai sebesar 0.000 lebih kecil dari
nilai probabiliti 0,05. Sumbangan pengaruh yang diberikan Model Paradigma
Pedagogi sebesar 41.9 % sedangka sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain yang
tidak diteliti dalam penelitian. saran bagi para guru untuk selalu meningkatkan
kemampuan model pembelajar pedagogi reflektif, karena model pembelajaran
tidak cukup hanya menggunakan model ekspositori, melainkan diharap memilih
model pembelajaran yang sesuai, yang dapat mengembangkan sikap kedisiplinan
siswa yang lebih berkualitas.
Kata Kunci : PPR, Kedisiplinan, dan Siswa


Detail Information

Item Type
Penulis
ZAINATUL HAMIDAH - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Prodi PGSD : UNMUH BABEL.,
Edisi
Subyek
No Panggil
372.2 ZAI p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail