skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI 42 PANGKALPINANG
XMLPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP
HASIL BELAJAR PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN
TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI 42
PANGKALPINANG
Oleh:
Ratna Kusari
Nim 190141621
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang fokus dalam mengikuti
proses pembelajaran di dalam kelas, siswa suka bermain dengan teman
sebangkunya dibandingkan memperhatikan guru menjelaskan materi, Hasil
belajar siswa pada materi perkembangbiakan tumbuhan terlihat rendah dapat
dilihat dari siswa dalam menjawab soal. Dimana hanya sebagian siswa yang
menjawab pertanyaan guru itu pun hanya pertanyaan yang dianggap mudah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble
hasil belajar pada materi perkembangbiakan tumbuhan kelas IV SD Negeri 42
Pangkalpinang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan metode One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam
penelitian ini adalah kelas IV dengan teknik penentuan sampel berdasarkan teknik
sampling jenuh. Instrument yang digunakan adalah instrument tes berupa soal
essay untuk mengukur hasil bejar siswa.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil
tes materi perkembangbiakan tumbuhan pada kegiatan pretest dengan rata-rata
52,441 dan pada kegiatan posttest dengan rata-rata 76,325. Selanjutnya dengan
pengujian hipotesis diperoleh dari Uji Paired-sampel-t-test dengan nilai 0,000 ˂
0,05. Hal ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh
model pembelajaran scramble hasil belajar pada materi perkembangbiakan
tumbuhan kelas IV SD Negeri 42 Pangkalpinang.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
RATNA KUSARI - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : UNMUH BABEL., 2023 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2 RAT p
|
Copyright | |
Doi |