PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR KELAS V DI SD NEGERI 1 KELAPA

Detail Cantuman

skripsi

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR KELAS V DI SD NEGERI 1 KELAPA

XML

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS
POWTOON PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS
AIR KELAS V DI SD NEGERI 1 KELAPA
Oleh :
Maulidya Juniati
190141730s
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemanfaatan media pembelajaran,
hal tersebut menyebabkan kegiatan proses pembelajaran di kelas kurang bervariasi
dan kreatif. Hal ini mengakibatkan ketuntasan belajar siswa menurun, khususnya
pada karakteristik materi yang membutuhkan visualisasi seperti materi siklus air.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media video animasi berbasis
Powtoon pada materi siklus air ini valid dan praktis untuk siswa kelas V sekolah
dasar.
Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desaign, Development,
Implementation dan Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas dan
siswa kelas V SD Negeri 1 Kelapa yang berjumlah 22 siswa. Teknik dan instrumen
pengumpulan data berupa angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data berupa
deskriptif kuantitatif yaitu data kevalidan yang dilakukan oleh ahli media, ahli
bahasa dan ahli materi. Data kepraktisan diperoleh dari hasil analisis angket dan
wawancara. Data keefektivan diperoleh dari analisis nilai pre-test dan post-test.
Berdasarkan hasil penilaian validator materi diperoleh 100% (Sangat Valid),
validator media diperoleh 95% (Sangat Valid) dan validator ahli bahasa diperoleh
87,5% (sangat valid). Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh 100% (Sangat Praktis)
dan uji coba kelompok besar diperoleh 100% (Sangat Praktis). Angket respon guru
kelas V diperoleh 100 % (Sangat Praktis) dan angket respon siswa kelas V diperoleh
100% (Sangat Praktis). Hasil dari uji paired sample t-test thitung> ttabel dimana 23.187
> 1.720. Dengan demikian, Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan sebelum
dan sesudah menggunakan media video animasi berbasis Powtoon. Oleh karena itu,
dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis Powtoon pada materi siklus
air dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Video Animasi Berbasis Powtoon, Siklus Air dan ADDIE


Detail Information

Item Type
Penulis
MAULIDYA JUNIATI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Prodi PGSD : UNMUH BABEL.,
Edisi
Subyek
No Panggil
372.2 MAU p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail