skripsi
PENGARUH MODEL NESTED TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI METAMORFOSIS KELAS IV SD NEGERI 16 TOBOALI
XMLPENGARUH MODEL NESTED TERHADAP PEMAHAMAN
PESERTA DIDIK PADA MATERI METAMORFOSIS
KELAS IV SD NEGERI 16 TOBOALI
Oleh:
Syaid Alfany
190141640
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran guru yang masih
menggunakan model ceramah dalam proses pembelajaran dan rendahnya
kemampuan pemahaman siswa pada materi metamorfosis. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh model nested terhadap pemahaman peserta
didik pada materi metamorfosis kelas IV SD Negeri 16 Toboali.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode “Quasi
Experimental Design”. ( Nonequivalent Control Group Design ). Teknik dalam
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling total. Sampel
penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV A dan 20 siswa kelas IV B. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 10 soal tes materi
metamorfosis.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pada pemahaman peserta
didik pada materi metamorfosis antara kelompok kontrol dan kelompok
eksperimen. Hal ini ditunjukkan pada hasil perhitungan uji Indepedent sample ttes
yang didapatkan thitung > ttabel yaitu thitung sebesar 3,90 dan ttabel 1,685, dari
perhitungan tersebut nilai independent Ha diterima. Mengacu pada ketentuan
pengambilan keputusan uji hipotesis tersebut di atas, maka Ho ditolak dan Ha
diterima dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan adanya
pengaruh model nested terhadap pemahaman peserta didik pada materi
metamorfosis kelas IV SD Negeri 16 Toboali.
Kata Kunci: Model Nested, Pemahaman Peserta Didik, IPA
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
SYAID ALFANY - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : UNMUH BABEL., 2023 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2 SYA p
|
Copyright | |
Doi |