PENGEMBANGAN EDUKASI GAME INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI ASMAUL HUSNA KELAS IV SD NEGERI 21 PANGKALPINANG

Detail Cantuman

skripsi

PENGEMBANGAN EDUKASI GAME INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI ASMAUL HUSNA KELAS IV SD NEGERI 21 PANGKALPINANG

XML

PENGEMBANGAN EDUKASI GAME INTERAKTIF
BERBASIS WORDWALL PADA MATA PELAJARAN
PAI MATERI ASMAUL HUSNA KELAS IV SD N 21
PANGKALPINANG
By:
Lika Prisila
NIM 180141410
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media
pembelajaran interaktif yang bervariasi. Dalam proses pembelajaran, guru
dan siswa hanya menggunakan buku paket, dan bernyanyi saja dikarenakan
guru kesulitan dalam merancang media pembelajaran. Hal ini mengakibatkan
pembelajaran terkesan membosankan dan hanya satu arah. Penelitian ini
bertujuan mengembangkan Game Interaktif Berbasis Wordwall Pada Mata
Pelajaran PAI Materi Asmaul Husna Kelas IV Sekolah Dasar sebagai media
yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu
analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development),
implementasi (implementasi), dan evaluasi (evaluation). Subjek pada
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 21 Pangkalpinang. Teknik dan
instrument pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data berupa
deskriptif kuantitatif dan data kualitatif yaitu data kevalidan yang dilakukan
oleh 2 ahli media, dan 1 ahli materi. Data kepraktisan diperoleh melalui
angket respon siswa dan angket respon pengguna guru. Data keefektivan
diperoleh dari nilai pretest dan posttest.
Berdasarkan hasil penilaian validator media peroleh 93,75% (Sangat
valid) dan validator materi diperoleh 87,5% (Sangat valid). Hasil uji coba
skala kecil diperoleh 98,61% (Sangat Praktis) dan uji coba skala besar
diperoleh 97,47% (Sangat Praktis). Angket respon pengguna guru kelas IV
diperoleh 92,5% (Sangat Praktis). Hasil uji paired sampel t-test ????ℎ???????????????????? >
???????????????????????? yaitu 11,310>2,052. Dengan demikian dapat disimpulkan ???????? diterima
yang artinya terdapat dampak hasil belajar siswa dalam penggunaan media
pembelajaran edukasi game berbasis Wordwall.
Kata Kunci: Edukasi Game Interaktif, Wordwall, ADDIE


Detail Information

Item Type
Penulis
LIKA PRISILA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit PGSD : UNMUH BABEL.,
Edisi
Subyek
No Panggil
372.2 LIK p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail