PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI 14 TOBOALI

Detail Cantuman

skripsi

PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI 14 TOBOALI

XML

PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER
DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI 14 TOBOALI
Oleh:
Desti Suwastina
190141571
ABSTRAK
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan pada hasil belajar
siswa, serta metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran
masih menggunakan metode yang konvensional. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS materi pemanfaatan sumber daya alam kelas IV SD Negeri 14
Toboali.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode True
Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Disegn.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling
jenuh artinya semua populasi dijadikan sampel. Adapun sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 22 siswa dan kelas IV B yang
berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes yang
terdiri dari 8 soal tes esay. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji sample independent T-Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dari uji hipotesis yang
menggunakan uji independent sample T-Test menunjukkan bahwa hipotesis
diperoleh Sig. (2-tailed) yaitu antara pretest dan posttest memiliki nilai 0,004 <
0,05, maka ditolak dan diterima. Sehingga dari hasil analisis data tersebut,
dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kelas IV
SD Negeri 14 Toboali.
Kata Kunci: Metode Drill, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
DESTI SUWASTINA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Prodi PGSD : UNMUH BABEL.,
Edisi
Subyek
No Panggil
372.2 DES p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail