skripsi
PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI 14 TOBOALI
XMLPENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER
DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI 14 TOBOALI
Oleh:
Desti Suwastina
190141571
ABSTRAK
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan pada hasil belajar
siswa, serta metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran
masih menggunakan metode yang konvensional. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS materi pemanfaatan sumber daya alam kelas IV SD Negeri 14
Toboali.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode True
Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Disegn.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling
jenuh artinya semua populasi dijadikan sampel. Adapun sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 22 siswa dan kelas IV B yang
berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes yang
terdiri dari 8 soal tes esay. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji sample independent T-Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dari uji hipotesis yang
menggunakan uji independent sample T-Test menunjukkan bahwa hipotesis
diperoleh Sig. (2-tailed) yaitu antara pretest dan posttest memiliki nilai 0,004 <
0,05, maka ditolak dan diterima. Sehingga dari hasil analisis data tersebut,
dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kelas IV
SD Negeri 14 Toboali.
Kata Kunci: Metode Drill, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
DESTI SUWASTINA - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : UNMUH BABEL., 2024 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2 DES p
|
Copyright | |
Doi |