skripsi
PENGARUH METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 5 PUDING BESAR PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA
XMLPENGARUH METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 5
PUDING BESAR PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI
KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA
Oleh:
Andini Safutri
190141717
ABSTRAK
Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan mengenai ”Pengaruh Metode
Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di SD
Negeri 5 Puding Besar pada Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Budaya
Indonesia”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode
Tanya Jawab dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SD
Negeri 5 Puding Besar pada mata pelajaran IPS materi keragaman budaya
Indonesia.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode “Quasi
Eksperimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design”. Teknik
penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel penelitian ini
merupakan kelas IV A 25 peserta didik dan kelas IV B 25 peserta didik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes pretest, dan posttest yang
terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan uji t-test.
Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai statistik thitung= 3,509 >
ttabel= 2,011 maka hal ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi
kesimpulannya menunjukkan adanya pengaruh penggunaan metode tanya jawab
yang signifikan terhadap hasil pembelajaran IPS materi keragaman budaya
Indonesia di kelas IV SD Negeri 5 Puding Besar.
Kata Kunci: Metode tanya jawab, hasil belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ANDINI SAFUTRI - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : UNMUH BABEL., 2023 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2 AND p
|
Copyright | |
Doi |