skripsi
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MATERI PERUBAHAN ENERGI MATA PELAJARAN IPA KELAS 4 SD NEGERI 27 PANGKALPINANG SKRIPSI
XMLPENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES
TOURNAMENT TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MATERI
PERUBAHAN ENERGI MATA PELAJARAN IPA KELAS 4 SD NEGERI
27 PANGKALPINANG
Oleh:
Mahdini Jaya Putri
NIM 190141702
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi metode
pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran IPA, guru cenderung mengggunakan
metode konvensional yang berdampak pada kurangnya pemahaman siswa
memahami materi pembelajaran perubahan energi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh metode pembelajaran Team Games Tournament terhadap
pemahaman siswa materi perubahan energI mata pelajaran IPA kelas 4 SD Negeri
27 Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre
Eksprerimental Design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dari
penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa tes sumatif berjumlah 5 soal essay.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji hipotesis yang
menggunakan uji Paired Sample T-Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dari pengujian hipotesis
diperoleh thitung = 15,4060 lebih besar dari ttabel = 2,055, maka Ha diterima.
Sehingga dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya
pengaruh metode pembelajaran Team Games Tournament terhadap pemahaman
siswa materi perubahan energi mata pelajaran IPA kelas 4 SD Negeri 27
Pangkalpinang.
Kata Kunci : Team Games Tournament, Pemahaman Siswa.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MAHDINI JAYA PUTRI - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : UNMUH BABEL., 2024 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2 MAH p
|
Copyright | |
Doi |