PENGARUH MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KONSEP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS IV SD NEGERI 8 SUNGAILIAT

Detail Cantuman

skripsi

PENGARUH MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KONSEP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS IV SD NEGERI 8 SUNGAILIAT

XML

PENGARUH MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KONSEP
PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA
BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS IV SD NEGERI 8 SUNGAILIAT
Oleh:
Muhamad Iqbal
NIM 190141705
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi siswa yang kurang memahami
pembelajaran, karena kurangnya penggunaan media pebelajaran yang bervariasi.
Guru sudah menggunakan media pembelajaran di kelas namun hasilnya belum
maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh media permainan
monopoli terhadap konsep pemahaman siswa pada materi keberagaman budaya
berbasis kearifan lokal kelas IV SD Negeri 8 Sungailiat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi
Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Teknik
pengumpulan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Seluruh populasi akan
dijadikan sampel yang terdiri atas 27 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan postest). Teknik
analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa nilai rata-rata kelas
ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (80,18>70,34). Hal ini
didukung dari hasil uji hipotesis yang menggunakan independent sample t-test
diperoleh nilai ttabel = 2,004 ≤ thitung = 4,138, sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh media permainan monopoli terhadap konsep pemahaman siswa
secara signifikan (0,00<0,05) pada materi keberagaman budaya berbasis kearifan
lokal kelas IV SD Negeri 8 Sungailiat.
Kata Kunci: Permainan Monopoli, Konsep Pemahaman Siswa.


Detail Information

Item Type
Penulis
MUHAMMAD IQBAL - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Prodi PGSD : UNMUH BABEL.,
Edisi
Subyek
No Panggil
372.2 MUH p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail