skripsi
PENGARUH MEDIA KARTU PASANGAN (KAPAS) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SDN 9 MENDOBARAT
XMLPENGARUH MEDIA KARTU PASANG (KAPAS) TERHADAP
PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD
BENDA KELAS V SDN 9 MENDO BARAT
Oleh
Feri Herwanto
NIM: 190141687
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang memahami
pembelajaran, karena media pembelajaran yang digunakan masih belum tepat.
Guru sudah menggunakan media pembelajaran di kelas namun hasilnya belum
maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Media Kartu
Pasangan (Kapas) terhadap pemahaman siswa pada materi perubahan Wujud
benda kelas V SDN 9 Mendobarat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian Quasi Experimental Tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel
dari penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 38 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa tes sumatif yang terdiri dari 10 soal
isian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji hipotesis yang menggunakan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu pasang (kapas)
berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada wujud benda kelas V SDN 9
Mendobaraat. Dilihat dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu
0,00 dengan kriteria nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa Ho
ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu pasang
(kapas) berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada materi perubahan wujud
benda kelas V SDN 9 Mendobarat.
Kata Kunci : Kartu Pasang (Kapas), Pemahaman Siswa
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
FERI HERWANTO - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : UNMUH BABEL., 2023 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2 FER p
|
Copyright | |
Doi |