skripsi
PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 54 PANGKALPINANG
XMLPENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKATrnBERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPSrnSISWA KELAS V SDN 54 PANGKALPINANGrnOleh:rnSavitrirnNIM: 140141334rnABSTRAKrnTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sains teknologirnmasyarakat berbasis portofolio terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 54rnPangkalpinang.rnJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode yangrndigunakan dalam penelitian ini adalah ??re-experimental design??(One-GrouprnPretest-Posttest Design). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VrnSD Negeri 54 Pangkalpinang yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulanrndata menggunakan tes.rnHasil dari penelitian ini dapat diketahui berdasarkan hasil analisis data yangrndiperoleh menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 45,180 >rn1,711 dengan perolehan nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretestrnyaitu sebesar 82,6 > 41,8. Dengan demikian penggunaan pendekatan sains teknologirnmasyarakat berbasis portofolio berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VrnSD Negeri 54 Pangkalpinang.rnKata kunci:rnSains teknologi masyarakat, Portofolio, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
SAVITRI - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : ., 2019 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2 SAV p
|
Copyright | |
Doi |