PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 15 PANGKALPINANG

Detail Cantuman

skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 15 PANGKALPINANG

XML

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVINGrnTERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS IVrnPADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIArnDI SD NEGERI 15 PANGKALPINANGrnOleh:rnAprilinarnNIM. 120141019rnABSTRAKrnTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran problem solving. Penelitian ini dilakukan di SDN 15 Pangkalpinang.rnJenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Rancangan Eksperimental Semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang mana desain ini terdapat dua kelompok tidak dipilih secara sampel jenuh. Subjek penelitian ini adalah Kelas IV SD yang terdiri dari Kelas IV A berjumlah 35 orang dan Kelas IV B berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes.rnBerdasarkan analisis N-Gain menggunakan Uji Mann-Whitney diperoleh nilai Z -7,471 berada di daerah penolakan maka terima dan hasil hitungan SPSS 16.0 diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000


Detail Information

Item Type
Penulis
APRILINA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Prodi PGSD : STKIP MBB.,
Edisi
Subyek
No Panggil
410 APR p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail