skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 15 PANGKALPINANG
XMLPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVINGrnTERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS IVrnPADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIArnDI SD NEGERI 15 PANGKALPINANGrnOleh:rnAprilinarnNIM. 120141019rnABSTRAKrnTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran problem solving. Penelitian ini dilakukan di SDN 15 Pangkalpinang.rnJenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Rancangan Eksperimental Semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang mana desain ini terdapat dua kelompok tidak dipilih secara sampel jenuh. Subjek penelitian ini adalah Kelas IV SD yang terdiri dari Kelas IV A berjumlah 35 orang dan Kelas IV B berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes.rnBerdasarkan analisis N-Gain menggunakan Uji Mann-Whitney diperoleh nilai Z -7,471 berada di daerah penolakan maka terima dan hasil hitungan SPSS 16.0 diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
APRILINA - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : STKIP MBB., 2019 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
410 APR p
|
Copyright | |
Doi |