skripsi
PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 1 PUDING BESAR
XMLPENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
(RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN
MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 1 PUDING BESAR
Oleh :
Ispianto
150141469
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai siswa pada mata pelajaran
matematikayang masih di bawah KKM, siswa masih mengalami kesulitan dalam
proses pembelajaranmatematika, cara guru menyampaikan materi pembelajaran
masih monoton sehingga mengakibatkan siswa merasa bingung dalam proses
pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif, metode yang digunakan adalah True Control Group Design.
Teknikpengumpulan data menggunakan teknik sampling jenuh.Teknikanalisis
data menggunakanuji-tessampelrelated (sampelberpasangan).Populasi yang
dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri
dari 2 kelas yaitu kelas A dan kelas B. Kelompok eksperimen yaitu kelas IV A
yang berjumlah 20 siswa, sedangkan kelompok kontrol yaitu kelas IV B yang
berjumlah 20 siswa. Jadi jumlah siswa keseluruhan untuk dijadikan sampel
sebanyak 40 orang siswa.
Berdasarkan hasil uji statistik menggunakandiperoleh nilaithitung = 2.130
ttabel = 2.042. Hal ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat
pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 1 Puding
Besar.
Kata Kunci : RME, Hasil, Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ISPIANTO - Personal Name
Yudi Yunika Putra, M.Pd - Personal Name Agci Hikmawati, M.Pd - Personal Name Dr. H. Asyraf Suryadin, M.Pd - Personal Name Ayen Arsisari, M.Pd - Personal Name |
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : STKIP MBB., 2020 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2 ISP p
|
Copyright | |
Doi |