skripsi
PENGARUH MODEL WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA SUB TEMA 4 (MERAWAT TUMBUHAN) DI KELAS II SD NEGERI 5 KOBA
XMLPENGARUH MODEL WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN
PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA SUB TEMA 4
di KELAS II SD NEGERI 5 KOBA
Oleh :
Umi Kalsum
150141581
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa ketika proses pembelajaran sedang
berlangsung guru terpaku dalam menjelaskan materi tanpa memperhatikan
apakah siswa telah memahami konsep tersebut, Model pembelajaran konvensional
yang digunakan guru sehingga membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran
dan kurangnya interaksi guru dengan siswa sehingga membuat siswa tidak
termotivasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh model word square dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa
pada sub tema 4 di kelas II SD Negeri 5 Koba.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain “Control
Group Pretest-Posstest Design”. Sampel dalam penelitian ini menggunakan
teknik sampling jenuh. Subjek penelitian ini adalah kelas II SD Negeri 5 Koba
yang terdiri dari kelas II A berjumlah 24 siswa dan II B berjumlah 24 siswa.
Teknik pngumpulan data dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri dari 6 soal
dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji related sampel diperoleh nilai
thitung = 18.686 ˃ ttabel = 2.013 dengan nilai persen (%) yaitu 93,5 %. maka dapat
disimpulkan terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa pada sub tema 4
dengan diterapkannya model word square di kelas II SD Negeri 5 Koba.
Kata kunci : Model Word Square, Pemahaman Konsep.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
UMI KALSUM - Personal Name
Vika Martahayu, S.Pd. I., M.Pd - Personal Name Dr. H. Asyraf Suryadin, M.Pd - Personal Name Adevia Indah Kusuma, S.E.,M.M - Personal Name Adi Saputra, M.Pd.I. - Personal Name |
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Prodi PGSD : STKIP MBB., 2020 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
372.2 UMI p
|
Copyright | |
Doi |